Selasa, 01 Desember 2015

PENANAMAN TANAMAN KACANG KEDELAI


Oleh:
Kelompok 9:
Rio Rizki Ananda
Sandi Saputra
Ustadi
Widya Iswara Arios
KELAS: Agroteknologi D

JURUSAN AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU
2015

Alat dan Bahan
          Alat yang digunakan dalam praktikum pemuliaan tanaman tentang penanaman dan pembukaan lahan adalah cangkul, yaitu untuk mencangkul tanah, mengolah tanah dan menggemburkan tanah yang akan di Tanami. Parang, yaitu untuk membersihkan tanah dari rumput-rumput liar dan gulma yang mengganggu, dan ajir untuk memberikan tanda pada titik tanam benih kacang kedelai. Bahan yang digunakan adalah benih kacang kedelai varietas Willis dan juga air, untuk menyiram benih yang sudah di tanam.
PENANAMAN
          Penanaman kacang kedelai dilaksanakan di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Universitas Riau,Pekanbaru,Provinsi Riau. Penanaman dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 November 2015.
          Penanaman kacang kedelai dilakukan dengan cara membuka lahan pertama kali. Lahan dibuka dengan cara mekanik, yaitu dengan menggunakan cangkul dan parang. Setelah membuka lahan, dibentuk bedengan dengan ukuran 1 x 1 meter, drainase 50 cm. Pada bedengan di Tanami benih kacang kedelai dengan jarak tanam 20 cm dengan jumlah titik tanam sebanyak 16 titik. Tiap-tiap titik diberikan ajir sebagai penanda.

                                               Gambar 1. Bedengan dibentuk

                                       Gambar 2. Tanah dibersihkan dari gulma
     
                                    Gambar 3.Bedengan ditanami kacang kedelai



KACANG KEDELAI VARIETAS WILLIS
          Kacang kedelai yang ditanam oleh kelompok 9 adalah kacang kedelai variets Willis. Berikut adalah deskripsi variets willis yaitu,  varietas willis di lepas pada tahun 21 Juli 1983 dengan SK Mentan yaitu TP240/519/Kpts/7/1983. Nomor induk B 3034. Asal varietas ini adalah hasil seleksi keturunan persilanganOrba x No 1682. Hasil  rata-rata varieta  ini adalh 1,6 ton per hektar. Warna batangnya yaitu warna hijau, warna daunnya hijau sampai hijau tua, warna bulunya cokelat tua, warna bunganya yaitu warna ungu, warna kulit biji yaitu warna kuning, warna polong yang sudah tua adalah cokelat tua. Umur variets ini jika berbunga adalah setelah 39 hari ditanam. Umur polong yang sudah matang sekitar 85 sampai 90 hari. Tinggi tanamannya yaitu sekitar 50 cm. Bentuk biji oval, agak pipih. Variets ini tahan rebah, dan agak tahan karat daun dan tahan virus. Kandungan protein sebanyak 37,0 % dan mengandung minyak sebanyak 18,0%. Pemulia varietas ini adalah Sumarno , Darman M Arsyad, Rodiah, dan Ono Sutrisno.

Daftar Pustaka: Suhartina.2005.Deskripsi Varietas Unggul Kacang-kacangan dan Umbi-umbian.Balai Penelitian Kacang-kacangan dan Umbi-umbian.Malang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar