Selasa, 24 November 2015

PEMBUKAAN LAHAN DAN PENANAMAN KACANG TANAH


TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea)
            Kacang tanah tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan ringan yang cukup mengandung unsur hara, gembur dan pH 5,0 –6,3, kacang tanah dapat tumbuh pada ketinggian tempat 0-500 m di atas permukaan laut (dpl) dan curah hujan waktu tanam selama dua bulan pertama yang baik ialah 150-250 mm/bulan dan suhu udara antara 250C-300C dengan penyinaran penuh. Kacang tanah mempunyai akar tunggang, namun akar primernya tidak tumbuh secara dominan. Akar serabut lebih berkembang dibanding akar tunggang.

Batang kacang tanah berukuran pendek, berbuku-buku, dengan tipe pertumbuhan tegak atau mendatar. Pada mulanya, batang tumbuh tunggal. Namun, lambat laun bercabang banyak seolah-olah merumpun. Daun pertama yang tumbuh dari biji adalah plumula. Daun pertama tersebut terangkat ke atas permukaan tanah selagi biji kacang berkecambah. Daun berikutnya berupa daun tunggal dan berbentuk bundar. Selanjutnya tanaman kacang tanah membentuk daun majemuk bersirip genap,terdiri dari empat anak daun dengan tangkai daun agak panjang. Bunga tanaman kacang tanah berbentuk kupu-kupu, berwarna kuning dan bertangkai panjang yang tumbuh dari ketiak daun. Fase berbunga biasanya berlangsung setelah tanaman berumur 4-6 minggu. Bunga kacang tanah menyerbuk sendiri pada malam hari.Buah berbentuk polong terdapat didalam tanah, berisi 1-4 biji, umumnya 2-3 biji per polong. Biji kacang tanah berbentuk agak bulat sampai lonjong, terbungkus kulit biji tipis berwarna putih, merah atau ungu. Inti biji terdiri darilembaga (embrio), dan putih telur (albumen).Biji kacang tanah berkeping dua (dicotyledonae).



                                            Gambar 1. Benih Kacang Tanah


                                            Gambar 2. Tanaman Kacang Tanah
 

TEMPAT DAN WAKTU
            Kegiatan praktikum dilaksanakan di UPT (Unit Pelayanan Teknis) Kebun Percobaan Universitas Riau, Jalan Bina Widya Km. 12,5 Pekanbaru, Provinsi Riau. Waktu kegiatan praktikum dilaksanakan tanggal 18 November 2015.
PEMBUKAAN LAHAN
Sebelum melakukan penanaman, dilakukan persiapan media tanam yaitu lahan yang berada di UPT Kebun Percobaan Universitas Riau. Lahan dibuka dengan cara mekanik yaitu menggunakan parang dan cangkul untuk memotong tanaman liar dan membersihkan gulma, lalu dibentuk bedengan dengan ukuran panjang 1 m, lebar 1 m, dan tinggi 30 cm. Kemudian mencampurkan pupuk kandang kotoran sapi . Pupuk dicampur merata dengan tanah, agar unsur hara pada pupuk dapat bercampur merata dengan tanah.
                                       Gambar 3. Pembukaan Lahan

PENANAMAN
Benih kacang yang ditanam, di rendam terlebih dahulu di dalam air, apabila ada benih yang mengapung, maka benih itu sudah tidak dapat tumbuh dengan baik lagi, oleh sebab itu, pastikan benih yang direndam tenggelam. Setelah itu, benih ditanam dalam bedengan dengan jarak 20 cm. Dalam setiap lobang, ditanam 2 benih kacang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar